18/04/20

Jurnalis Banyuasin Jalani Rapid Tes di Posko Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Banyuasin


PANGKALAN BALAI, KB - Sebanyak 10 orang Jurnalis baik dari media cetak, elektronik maupun online, melakukan Rapid Test Covid-19 di Posko Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Banyuasin, Sabtu (18/04).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr. Rini Pratiwi, M.Kes mengatakan tes ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendeteksi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Tentunya para wartawan dalam bekerja di lapangan banyak bertemu dengan berbagai pihak, dan tidak semua wartawan yang berdomisili di Banyuasin, ada juga wartawan yang bertugas di Banyuasin domisilinya di Kota Palembang yang saat ini ditetapkan sebagai Zona Merah virus corona,” katanya.

dr. Rini mengatakan jika hasilnya ada yang positif, maka akan segera dilakukan isolasi. “Dan ini juga sebagai data untuk kami,” imbuhnya.

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah sebagai  screening  (penyaringan) awal. Pengambilan sampel butuh waktu 3- 5 menit dan hasilnya bisa diketahui 15 menit usai pengujian.

“Hasilnya akan muncul dalam waktu 15 menit, jika hanya garis satu berarti negatif tapi jika garisnya dua maka itu bisa dikatakan positif,” ungkapnya.

Kabar baiknya, lanjut Rini, hasil test dari para wartawan yang mengikuti tes Covid-19 semuanya negatif. Rini pun menghimbau kepada para wartawan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Tetap jaga kebersihan, pakai masker, cuci tangan dan lakukan sesuai perintah protokol kesehatan, agar tetap bersih dari virus Covid-19,” tukasnya. (Rel)


EmoticonEmoticon