29/06/19

Senin Berkas Komisioner KPU Diserahkan ke Kejaksaan



PALEMBANG, KB - Setelah berkas dugaan Pelanggaran Pemilu dinyatakan Lengkap (P21) oleh Kejaksaan. Pada Senin (1/7) Tim Penyidik Gakkumdu Polresta Palembang akan melimpahkan berkas berikut tersangka yang merupakan lima komisioner KPU Kota Palembang.


"Berkas sudah dinyatakan lengkap dan dijadwal Senin (1/7),  kita limpahkan berkas dan tersangka ke jaksa,” ucap Tim Penyidik Gakkumdu Polresta Palembang Iptu Hamsal.

Seperti diketahui kelima Komisioner KPU Palembang yakni EF, YT, AB, AI dan SA ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Gakkumdu Polresta Palembang karena diduga melakukan tindak pidana pemilu.

Setelah penyidik menerima laporan Bawaslu Palembang karena KPU dianggap tidak menjalankan rekomendasi secara penuh terkait Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) saat Pemilu 2019 lalu.

Sedangkan sebelumnya Tim Jaksa Gakkumdu Kejari Palembang Riko Budiman juga menyebut bahwa berdasarkan hasil penelitikan, sejak Kamis (27/6) berkas dari penyidik kepolisian sudah dinyatakan lengkap dan pihaknya tinggal menggung pelimpahan tahap 2.

Per kemarin berkas sudah dinyatakan P21 (lengkap). Kita tinggal menunggu tahap 2 (berkas dan tersangka) dari penyidik. Kita tunggu sampai Rabu, bila tidak akan disurati secara patut. Karena pekan depan berkas akan dilimpahkan ke pengadilan untuk proses persidangan,” katanya.

Dalam kasus ini dirinya menjelaskan, kelima tersangka dijerat Pasal 510 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pemilu. Ancaman hukuman dalam pasal ini hanya dua tahun, jadi untuk saat ini tidak bisa dilakukan penahanan,” tambahnya.


EmoticonEmoticon