04/02/19

Harapan Wakil BUpati Banyausin Mengenai Hasil Panen Padi Karang Agung Ilir


karang agung ilir,kb.com -  50 hektar sawah di Desa Sri Agung Kecamatan Karang Agung Ilir dipanen, Sabtu (02/02). Sementara, 500 hektar lahan padi siap dipanen secara bertahap dalam waktu dekat.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet, SH bersama warga Karang Agung Ilir melakukan Panen raya padi di areal persawahan desa. Panen raya padi ini, ditandai dengan pemotongan padi menggunakan mesin pemotong padi.
Pakde Slamet, sapaan akrab H. Slamet, sesaat setelah melakukan panen padi mengatakan, panen ini diharapkan menghasilkan produksi padi yang sangat baik. Banyuasin saat ini menyumbang 27 persen ketersediaan beras di Provinsi Sumatera Selatan
Melalui Program Petani Bangkit, dirinya berharap dapat terjadi peningkatan produktivitas pertanian dengan mengembangkan sistem Budi daya tani dua kali tanam dalam setahun.“Ayo kerja bareng, untuk meningkatkan produktivitas padi. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani melalui peningkatan kualitas dan jumlah produksi padi yang dihasilkan,” kata Pakde
Dikatakannya, Pemerintah Pusat akan mengalokasikan sebanyak 151 ribu hektar sawah potensial di Bumi Sedulang Setudung, menambah jumlah sawah yang saat ini seluas 171 ribu hektar. Ia juga mengatakan Pemkab Banyuasin menyediakan 2 ekskavator per kecamatan untuk pengerukan saluran iriasi di masing-masing areal sawah.
“Setiap kelompok tani disiapkan alat penyacah padi. Saya juga mengharapkan irigasi yang telah dibangun, agar dimanfaatkan para petani padi dengan baik dan benar,” lanjut Wakil Bupati
Sementara Wakil Ketua DPRD Banyuasin H. Sukardi SP semoga Banyuasin dapat mempertahankan dirinya sebagai daerah lumbung pangan di Sumatera Selatan bahkan nasional.Sukardi berpesan kepada para petani padi di Desa Sri Agung khususnya, untuk tetap semangat, kerja keras, dan kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.
Turut mendampingi, Anggota DPRD Banyuasin H. Sukardi, SP., Plt. Kadis PMPD Roni Utama, AP., M.Si, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Ketua Jaranan Campur Sari Setya Budiyono, Kades Sumber Rejeki Mujianto.(Diskominfo/PKP)


EmoticonEmoticon