09/01/19

Tiga Daerah Ini Sumbang Kemiskinan Terbesar di Sumatera Selatan



Palembang,kb.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyoroti angka Kemsikinan yang tinggi di tiga kabupaten/kota di Sumsel.Yang mana ada tiga kabupaten/kota yang masuk zona merah yaitu, Musi Rawas Utara, Lahat, dan Musi Banyuasin,”ucap Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, Rabu (9/1/2019).
Dia mengatakan,tiga kabupaten/kota itu penyumbang terbesar angka kemiskinan di Sumsel. Padahal, menurut dia, ketiga Kabupaten/Kota tersebut mempunyai potensi alam yang kaya dan anggaran APBD juga sangat besar.
“Kemiskinan tahun 2018 12,80 persen lebih tinggi daripada nasional 9,82 persen. Saya tentunya mengharapkan kepala daerahnya di tiga kabupaten/kota tersebut itu harus keterbukaan dan bekerjasama dengan Pemprov,” ungkap dia.
Misalnya Muratara, ia menjelaskan,Pemprov Sumsel memaklumi angka kemiskinan mereka tinggi dikarenakan, OKI luas daerahnya yang sangat luas, apalagi luas daerahnya sama dengan di Provinsi Bengkulu.
Kemudian Muba,ia sangat menyayangkan Muba juga ikut menyumbangkan angka kemiskinan tertinggi, padahal setiap tahunnya APBD di Muba yang tertinggi di Kabupaten yang ada di Sumsel.
“Muba mungkin sudah puluhan tahun APBD-nya tidak pernah di bawah Rp3,5 Triliun anggaran APBD tersebut masih banyak Kabupaten, Kota yang masih sedikit APBDnya,” ujar dia.
Terakhir, Kabupaten Lahat yang mempunyai potensi alam yang sangat besar, salah satunya Batubara. Tambang batubara yang terbesar di Sumsel dan dari Pertambangan tersebut dapat dinikmati masyarakat Lahat.
“Batubara dan Pariwisata itu harus di memanfaatkan lebih baik, potensi tersebut untuk mensejahterakan rakyat disana,” tegasnya.Maka dari itu, kata Mawardi, pihaknya akan menyoroti dimana apakah ada yang salah dengan kebijakan yang telah diterapkan selama ini.
“Kami mengharapkan pemangku kebijakan mempunyai otoritas kebijaka yang harus terbuka dengan Pemprov Sumsel dan jangan hanya mementingkan ego sendiri saja. Nantinya juga saya meminta kepada Bapedda untuk mencarikan solusi dan membantu untuk mengurangi kemiskinan di tiga kabupaten/kota tersebut,” tutupnya. (red ps/ay)


EmoticonEmoticon