12/01/19

KPU Palembang Antisipasi Tiga Tahapan



Palembang,kb.com - Komisioner KPU kota Palembang,mengungkapkan, pasca dilantik 7 Januari lalu,pihaknya langsung berkoordinasi dengan sejumlah steakholder di kota Palembang untuk melakukan persiapan-persiapan pemilu serentak.Kami juga mulai memetakan persoalan yang akan dihadapi termasuk tentang keamanan," katanya, Jumat (11/1/2019).

KPU kota Palembang terang Malik, akan terus berkoordinasi baik dengan TNI maupun Polri, ini dilakukan agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar."Dengan pihak keamanan, kemarin kita sudah berkoordinasi dengan Dandim Palembang berbicara soal antisipasi kemananan. Pihak TNI ditegaskan akan bersikap netral tapi mereka punya kepentingan untuk memastikan keamanan selama pemilu ini," terangnya.


Dijelaskannya, ada beberapa tahapan yang dianggap KPU kota Palembang sebagai tahapan yang krusial yakni pergerseran logistik, penghitungan suara dan rekapitulasi berjenjang.Malik berharap, sebagai lembaga pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat bekerja bersama-sama KPU dalam melakukan pengawasan.Selain itu, setiap masyarakat pun berkewajiban untuk menjaga suasana damai dan kondusif hingga selesainya pelaksanaan pileg dan pilpres.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyebut ada 4 daerah di Sumsel yang masuk zona merah menjelang Pilpres dan Pileg.Yang mana,empat daerah ini adalah Empat Lawang, Palembang, Musi Banyuasin dan Musirawas Utara.

Plt Kesbangpol Provinsi Sumsel, Fitriana mengatakan, pihaknya mencatat empat daerah di Sumsel ke dalam zona merah, karena daerah tersebut memiliki karakteristik masyarakat yang lebih beragam.“Selain itu, daerah itu juga termasuk daerah yang sulit dijangkau, seperti perairan sehingga memastikan surat suara sampai dengan baik tentu perlu perhatian ekstra dibandingkan daerah lainnya,” pungkasnya.(redsp/ay)


EmoticonEmoticon