24/08/18

Puluhan Nelayan Adu Cepat di Sungai Kenten, Banyuasin


Banyuasin, kb. Com  - Puluhan peserta ikuti lomba perahu bidar di Sungai Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Kamis (23/8).
Kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Raya Idul Adha 2018. lomba perahu Bidar ini dilaksanakan selama dua hari di aliran sungai desa kenten.
Lomba disaksikan warga setempat yang ramai memadati pinggir sungai dan diatasnya jembatan desa kenten laut.Para peserta juga berlomba dengan sekuat tenaga berusaha memenangkan pertandingan.
Untuk memeriahkan Kemerdekaan ini perahu Bidar peserta juga di cat dengan berwarna warni sesuai selera peserta.Salah satu peserta, Sutadi, optimis perahu Bidar mereka akan memenangkan lomba ini.
Tidak ada latihan khusus sebelum lomba. Hanya saja teman-temannya yang mengayuh Bidar rata-rata nelayan."Kalau mengayuh perahu sudah biasa, mudah-mudahan saja dapat juara. Lumayan buat hiburan," celetuknya.
Sementara itu Kepala Desa (Kades), Zaiwan menyebutkan, kegiatan ini diikuti dengan antusias masyarakat di kawasan Talang Kelapa bahkan ada peserta dari luar Banyuasin ikut berbondong-bondong lomba perahu Bidar.
"Total peserta sekitar 20 orang, kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan HUT kemerdekaan dan Lebaran Idul Adha di Kenten Laut," ungkapnya.Peserta yang menang akan mendapatkan trophy, piagam serta uang pembinaan dari panitia.
Sebelum lomba Bidar ini, panitia juga ternyata lebih dahulu menggelar perlombaan lain untuk masyarakat. (red)


EmoticonEmoticon