24/07/18

BPOM Amankan Ratusan Produk Kosmetik Ilegal


Palembang,kb.com- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang berhasil menertibkan 350 item kosmetik ilegal (tanpa izin) serta lima kosmetik kadaluarsa.
Kepala Balai BPOM Palembang, Dewi Prawitasari menjelaskan, dari 350 item kosmetik yang tidak memiliki izin edar terdiri sebanyak 12.940 barang, sementara lima kosmetik kadaluarsa dengan jumlah 235 buah.
"350 item kosmetik yang tidak memiliki izin edar bernilai Rp 149.767.100, sedangkan lima kosmetik kadarluasa bernilai Rp 43.325.000. Jadi total nilainya Rp 193.092.100," jelas Dewi saat konferensi pers di kantor BPOM Palembang.
Dewi juga mengatakan, untuk seluruh produk yang tidak memenuhi syarat tersebut telah diserahkan oleh pemiliknya kepada Balai BPOM Palembang untuk dilakukan pemusnahan. Dalam hal itu, BPOM juga berharap kepada seluruh pelaku usaha untuk mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.
berharap kepada masyarakat agar dapat lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik yang akan digunakan. Jangan membeli atau memilih kosmetik yang tidak memiliki izin edar atau nomor notifikasi. Ingat selalu cek kemasan, label, izin edar, dan cek kadaluarsa sebelum membeli atau memilih produk kosmetik.
Adapun beberapa barang-barang tersebut diantaranya, yaitu Temulawak, Nikhar Nail Henna, Rani Kone, Parfume Prada Candy, Twilight, Lacoste, Bulgari, Miu Miu, Paris Hilton, Escada, dan Jaguar. (Red)


EmoticonEmoticon