08/06/18

Supriono : PNS Dilarang Ambil Cuti Tahunan Idul Fitri


Pangkalan Balai,kb.com - Bupati Banyuasin SA Supriono melarang PNS di jajaran Pemkab Banyuasin untuk mengambil cuti tahunan pada hari raya idul fitri 1439 H. Karena cuti bersama selama 7 hari sejak tanggal 11- 20 Juni 2018 yang telah ditetapkan pemerintah lebih dari cukup. 
"Saya minta PNS Banyuasin tidak ada yang cuti tahunan baik sebelum maupun sesudah lebaran, karena cuti bersama sudah lebih dari cukup. Kecuali kalau memang ada hal-hal yang sangat penting dan prinsip, "katanya.
Larangan ini terang Supriono juga sudah di tegaskan pemeritah pusat melalui Menteri PAN RB yang telah mengeluarkan surat edaran nomor B/21/M.KT.02/2018 tanggal 5 Juni 2018. 
"Tidak ada cuti tahunan, ikuti saja aturan yang ada, saya minta Kepala OPD untuk tidak memberikan izin, "katanya.
Pengecualian lanjut Supriono bagi PNS yang bekerja di Rumah Sakit, PDAM dan Pemadam Kebakaran kiranya cuti tahunannya bisa diatur setelah lebaran mengingat mereka pada saat cuti bersama masih tetap bekerja memberikan layanan kepada masyarakat.  Ketentuan ini sudah diatur dalam Pasal 333 PP 11 tahun 2017 tentang Menejemen PNS.
 "Kalau PNS yang bukan pada instansi layanan tidak boleh cuti tahunan, karena setelah cuti bersama semua aktifitas instansi harus kembali normal, "tandasnya.
Sebelumnya, Mantan Kepala Inspektur Banyuasin ini juga mengingatkan PNS Banyuasin untuk tidak menggunakan fasilitas negara seperti mobil dinas untuk kepentingan mudik lebaran. 
" Karena pemeritah pusat melalui Menteri PAN RB telah mengeluarkan surat edaran nomor B/21/M.KT.02/2018 tanggal 5 Juni 2018, yang salah satu poinnnya melarang menggunakan fasilitas negara seperti mobil dinas, maka saya minta PNS Banyuasin untuk taat aturan dan jangan mengambil resiko yang akan merugikan diri sendiri, "katanya.
Ketika aturan sudah ditetapkan, dan masih melanggar tentu akan ada sanksinya. Maka lebih baik taati saja aturan yang di tetapkan. 
"Mudik bisa menggunakan angkutan umum, sewa atau bentuk lain. Kalau mobil dinas tentu resikonya tinggi, "tegasnya.
Dalam kesempatan ini juga, Mantan Inspektur Banyuasin ini juga mengingatkan PNS Kabupaten Banyuasin untuk tidak menerima hadiah atau pemberian apapun yang berhubungan dengan jabatan. 
" Larangan ini sudah diatur dalam pasal 4 angka 8 PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Jadi taatlah dengan aturan dan jangan mengambil resiko. Apalagi pemerintah sudah memberikan THR beserta tunjangan-tunjangan, saya kira sudah sangat cukup untuk keperluan lebaran, " tandasnya. (Red/ay)


EmoticonEmoticon