09/06/18

Kadishub: Dalam Speedboat Penumpang Seperti dalam Peti Mati


KB, Banyuasin- Kerap terjadinya kecelakaan di perairan Sungai Musi, khususnya di wilayah perairan Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, jelang lebaran pemilik angkutan air sudah seharusnya mengecek kendaraannya. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin Supriadi. Menurut dia saat ini banyak pemudik yang juga menggunakan angkutan penumpang di air seperti Speedboat. Oleh karna itu, himbauan kepada pemilik kendaraan untuk mengecek kelengkapan kendaraan airnya, seperti dinding speed boatnya, mesinnya, dan termasuk pengeremannya juga.

"Sama seperti kendaraan di darat, semuanya harus dicek, dan kapasitas angkutan harus sesuai jangan berlebihan," kata Kadishub kepada RMOLSumsel, Sabtu (9/6).

Selain itu, kelengkapan keamanan seperti pelampung juga sebaiknya harus di persiapkan.

"Kalau bisa pelampung disiapkan agar aman penumpangnya," imbuhnya.

Dia menjelaskan,  kecelakaan di air umumnya disebabkan oleh angkutan air yang tak siapkan alat keselamatan dan penumpang yang melebihi kapasitas.

" Kalau Speed Boat itu terbalik, kalau kita di dalamnya seperti dalam peti mati. Itu ruang yang sempit penumpang yang berlebih mana bisa keluar lagi kalau terbalik.," kata Supriadi kepada RMOLSumsel, Kemarin

Pihaknya  telah berulang-ulang kali memberikan himbauan agar para pemilik angkutan melengkapi peratan keselamatan seperti pelampung, tetapi tetap tidak diindahkan.

 "Kalau kita keras dan tegas bisa saja kepada mereka agar siap pelampung, Tapi kalau mereka mogok mengangkut penumpang dari perairan bagaimana. Karna cuma mereka yang mau angkut penumpang di perairan," keluhnya.[sri]


EmoticonEmoticon