26/05/18

Pol PP Diminta Tertibkan Pengemis Di Pangkalan Balai

ilustrasi

KB, Pangkalan Balai, Pengemis dan gelandangan menjamur di Kabupaten Banyuasin. Ini terpantau di sejumlah pasar tradisional dan pusat pertokoan di wilayah Pangkalan Balai, Jumat (25/5).


Para pengemis dan gelandangan ini mulai banyak ditemukan di jalan dan pusat perbelanjaan di Kota Pangkalan Balai meminta-minta bahkan ada juga yang mengamen.

"Beberapa bulan lalu pengemis dan pengamen ramai dan menghilang. Sekarang mulai banyak lagi, mungkin bulan puasa ini mereka keluar," ujar Zakaria (36) warga Jalan KH Sulaiman Kelurahan Kedondong Raye Banyuasin III.

Tidak hanya itu, para pengemis yang meminta-minta juga cukup ramai mengaku berasal dari panti sosial yang ada di wilayah Banyuasin. Bahkan mereka jelas-jelas meminta sumbangan ke masjid-masjid yang banyak pengunjung dan pusat keramaian.

Hal serupa dikatakan, Dedek (30), pemilik Konter HP di Simpang Kedondong Raye Pangkalan Balai, sejak bulan puasa pengemis berdatangan, bahkan menyisir pertokoan di dekat pasar termasuk konter HP miliknya.

"Jadi pengemis dan meminta-minta ini sepertinya jadi pekerjaan musiman, kalau bulan puasa mereka ramai, mungkin karena tahu bulan puasa bakal raup duit banyak jadi mereka berbondong-bondong alih profesi," cerita Dedek.

Sementara itu terkait masalah ini, Kasat Pol PP Banyuasin, Anthony Liando mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan akan merazia pegemis dan gelandangan kemudian akan diserahkan ke panti sosial.

"Waktu kami akan razia pengemis dan gelandangan, dan bekerjasama dengan Dinsos untuk mendata mereka dan jika perlu dipulangkan ketempat asal," tegasnya.[iz]


EmoticonEmoticon