24/05/18

KPU Banyuasin Terima 589.104 Lembar Surat Suara


Pangkalan Balai,kb.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin, Rabu (23/5) menerima 589.104 lembar surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin 2018.
Surat suara ini diserahkan oleh pihak percetakan yang diwakili Kabid Pengiriman PT. Pura Barutama Wirawan Eko Nugroho dan diterima Komisioner KPU Banyuasin devisi logistik dan keuangan Agus Supriyanto.
Wirawan Eko Nugroho mengatakan, surat suara yang diserahkan ke KPU Banyuasin berjumlah 589.104 lembar yan dikemas dalam 295 Box.  "Rinciannya, Surat Suara Pemilu sebanyak 587.104 lembar yang dikemas dalam 294 Box dan Surat Suara untuk Pemilu Ulang sebanyak 2000 Lembar yang dikemas dalam 1 Box, "katanya.
Dijelaskan Wirawan, Kertas suara tersebut dicetak oleh PT. Pura Barutama yang berada di Kabupaten Kudus Jateng dan dibawa ke Banyuasin ini dengan menggunakan Truk Box milik PT. Pos Indonesia. "Sebelum penyerahan ini, KPU, Panwaslu, pihak Polres dan Kesbangpol sudah melihat secara langsung surat suara ini di percetakan kami, dan setelah penyerahan ini tentu menjadi tanggungjawab KPU Banyuasin untuk melakukan penyimpinan dan hal lainnya,"katanya.
Sementara itu, Komisioner KPU Banyuasin Divisi Logistik Agus Suprianto mengatakan, pihaknya telah menerima pengiriman kertas surat suara dari PT Pura Barutama dalam kondisi disegel.
"Sebelum diterimanya, Ketua dan anggota KPU, Ketua Panwaslu, Kesbang Pol dan Polres Banyuasin telah mengkroscek hasil cetak kertas surat suara tersebut. Kertas surat suara yang rusak dan sisa cetak sudah dimusnahkan, "tegasnya.Proses Pencetakan terang Agus dilakukan dengan cara profesional, dan dijamin tidak bisa ditiru karena dicetak oleh perusahaan besar.
Selanjutnya, kertas surat suara tersebut akan disortir dan dilipat sebelum didistribukan ke masing TPS. Apabila ada yang rusak akan diganti oleh pihak ketiga, sebab masih dalam pertanggungjawaban mereka. “Setelah tidak ada masalah lagi, lalu kita plenokan. Sedangkan master pencetak kertas surat suara, akan dimusnahkan,”pungkasnya.(red/ay)


EmoticonEmoticon