01/05/18

Cek Aplikasi Peringkat Bahaya Kebakaran, Anggota DPR RI Sambangi Banyuasin



Pangkalan Balai,kb– Anggota Komisi IV DPR-RI Ita Putri selaku tenaga ahli melakukan kunjungan kerja Reses untuk meninjau Kegiatan Aplikasi Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran ke Manggala Agni, Kabupaten Banyuasin, Minggu (29/4).Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Sumatera dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja anggota Komisi IV DPR-RI di Provinsi Sumsel. Reses tenaga ahli DPR RI ini terkait kesiapan untuk pelaksanaan Asian Games.Acara diawali dengan peninjauan kegiatan aplikasi sistem peringkat bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api oleh tim partoli terpadu yang terdiri dari gabungan TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Banyuasin.
Kepala Daerah Operasi Banyuasin Palembang Kota dan Ogan Ilir Adi Nopriansyah mengungkapkan sampai sejauh ini patroli terpadu telah melakukan sosialisasi yang mana ada 50 posko tersebar.Untuk di wilayah Sumsel 3 posko berada di Palembang kota, 4 Posko di Ogan Ilir dan 8 Posko di Banyuasin yang selama 1 bulan penuh terus menurus melakukan sosialisasi. “Dengan sosialisasi ini agar warga bisa secara sadar dan lebih mengerti terhadap bahaya asap dan api,” jelasnya.
Setelah pelaksanaan simulasi tim Komisi IV DPR-RI melakukan peninjauan ke lokasi peralatan aplikasi sistem peringkat bahaya kebakaran. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh anggota dewan terkait aplikasi sistem peringkat bahaya kebakaran.Pertama aplikasi sistem ini sangat baik sebagai salah satu upaya dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan terutama pada beberapa daerah yang sangat berpotensi rutin terjadi kebakaran hutan.
Perlunya upaya pemerintah pusat dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan seperti yang sudah dilakukan BPPT saat ini dan perlu kesadaran tinggi dari masyarakat luas serta masyarakat sekitar dalam mencegah dan menggulangi bahaya kebakaran hutan.Selanjutnya Lembaga Jaya Manggala Agni sebagai salah satu lembaga berpengalaman yang bekerja sama dengan BPPT dalam menangani masalah kebakaran hutan harus tetap berpegang pada aturan-aturan yang berlaku.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Israr S.Hut M.Sc, Kepala Seksi KHL Wilayah Sumatera, Didik Suprijono S.Hut, Staf Seksi KHL Bidang penanggulangan Karhutla, Ujang Sultan Wardiniladi Serta Fahrul Rozi mewakili BPBD Kabupaten Banyuasin dan TNI-Polri. (red/ay)


EmoticonEmoticon