08/04/18

Dari 4 Paslongub Sumsel, 1 Paslon Mulai Keteteran



Palembang, KB - Saat start di bulan Februari lalu, kekuatan empat pasangan calon (Paslon) Pilgub Sumsel masih terlihat sama kuat. Namun di putaran bulan April ini, mulai terlihat persaingan mengerucut meski secara umum kekuatan para konstestan ini masih sama kuat.

Hingga kini persaingan para Paslongub Sumsel masih berimbang sehingga belum ada yang terlihat menonjol baik secara persentase kemenangan atau popularitas. Namun dari empat Paslon tersebut, sudah terlihat ada satu yang sedikit tertinggal sementara tiga lainnya masih di jalur yang sama.

"Ada tiga Paslon yang terlihat masih sama kuat, berimbang. Utamanya di kekuatan logistik. Kita tahu, para Paslon ini merupakan kepala daerah atau mantan kepala daerah yang punya pengalaman di Pilkada," ungkap Direktur Lembaga Survei SaifulMujani, Research and Consultant (SMRC), Djayadi Dahlan pada diskusi dengan media yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (9/4) di Hotel Sintesa Palembang.

Meski enggan menyebut nama Paslon yang tertinggal itu namun Djayadi menyebut kalau persaingan keempatnya masih sama kuat. Ada beberapa hal yang membuat persainggan hingga kini masih berimbang yakni semuanya adalah kepala daerah atau mantan kepala daerah yang mempunyai basis pendukubg kuat.

"Sebagai kepala daerah, mereka sudah cukup lama dikenal masyarakat karena ada yang beberapa kali mencalonkan gubernur dan kepala daerah," jelas Dosen Politik Universitas Paramadina ini.

Kemudian untuk kekuatan logistik, meski ada yang tertinggal namun secara umum kekuatannya masih seimbang atau tetap sama. Namun belum tahu apakah kekuatan logistik ini masih tetap sama saat mendekati hari H.

Meratanya kekuatan Paslongub Sumsel bisa jadi para kontestan belum berani mengeluarkan hasil survei mereka.

"Kalaupun unggul, paling hanya sekitar satu atau dua persen saja. Bisa jadi mereka malah tertinggal. Makanya kita lihat sepi kan, para lembaga survei mengeluarkan hasil penelitian mereka ke publik," ungkapnya. (rmol)


EmoticonEmoticon