24/03/18

PDIP ingin Banyuasin jadi Lumbung Beras Terbaik di Sumsel



Banyuasin,Kb - Meningkatkan hasil panen padi menjadi komitmen Ketua PDIP Banyuasin Askolani. Apalagi Banyuasin merupakan salah satu lumbung penghasil beras di Sumatera Selatan.Hal ini disampaikan saat melakukan panen serentak di Desa Upang Makmur, Makarti Jaya, Banyuasin bersama Koordinator Gerakan Pemuda Tani Sumatra Selatan, Muhammad Asri, Jumat (23/3/2018).

Askolani mengatakan petani lah yang telah membantu program pemerintah dalam mewujudkan swasembada beras dalam era pemerintahan Presiden Joko Widodo.“Program pemerintahan Presiden Jokowi kali ini telah mencatat sejarah baru dalam dunia pertanian yang memberikan begitu banyak peralatan pertanian berupa, traktor, mesin kombain, mesin tanam, peremajaan irigasi dan pembuatan bendungan,” ujarnya.Namun demikian, sampai saat ini masih banyak petani juga merasakan bantuan secara langsung di tingkat kelompok tani.

“Selain itu irigasi masih banyak yang belum dibenahi akibatkan keterbatasn anggaran namun hal ini sudah jauh lebih baik dari pemerintahan sebelumnya,” terangnya.Panen di lahan pasang surut,dengan luas 2.000 Ha yang sejak tahun 1977 ini dibuka menjadi lahan pertanian dan banyak dibudidayakan komoditi pangan seperti padi yang masa tanam hanya setahun sekali.Dalam per hektar lahan sawah hanya mampu menghasilkan 4,5 ton.

Salah satu Ketua Kelompok Tani Sufriadi juga mengeluhkan penyebab hasil panen yang minim diakibatkan seringnya terjadi luapan air yang diakibatkan belum adanya saluran irigasi induk dan tersier di lahan tersebut. Disamping itu, masih minimnya alat pengolahan lahan sawah yang dimiliki oleh petani.

Kepada petani, Askolani akan memperjuangkan apa yang menjadi kendala seperti minimnya hasil panen petani dan bahkan berjanji akan menyampaikan langsung ke pemerintah pusat.
“Lahan ribuan hektar di Makarti jika dukung dengan infrastruktur yang memadai maka dapat dipastikan hasil panen dapat meningkat sampai 6 - 8 ton per hektar,” tegas Calon Bupati Banyuasin ini.

Sementara, Koordinator Gempita Sumsel, Muhammad Asri mengatakan keberadaan Gempita di bawah koordinasi langsung oleh Menteri pertanian Andi Amran Sulaeman, akan mengawal mewujudkan program pemerintah"Saat ini Kabupaten Banyuasin adalah salah satu penghasil beras terbesar ke dua di Sumatera Selatan dan Banyuasin memiliki luas lahan terbesar di Sumatera Selatan, ini harus ditingkatkan menjadi yang terbaik di Sumsel,” pungkasnya. (Ay)


EmoticonEmoticon