04/01/18

Teranyar, Gakkumdu Banyuasin Dibentuk Siap Tindak Pelanggaran  Pilkada 2018

Banyuasin, Kabarbanyuasin.com - Bersama Kajari Pangkalan Balai , Polres Banyuasin Dan Panwaslu Kabupaten Banyuasin hari ini menandatangani kontrak kerjasama (MOU) di Rumah Makan Palapa Kelurahan Kayuara Kuning Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin provinsi sumatera selatan.


Gakkumdu yang di tanda tangani langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pangkalan Balai . Lakamis. SH .MH, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem. SIK melalui kasad Intelcam AKP Mulyono.SH dan Ketua Panwaslu Iswadi. Spd. Bertujuan sebagai wadah untuk  penindakan serta penegakan sangsi pelanggaran dalam pemilihan Kepala Daerah seperti Bupati dan Gubernur dalam pilkada serentak yang akan di laksanakan pada tanggal 27 juni 2018 mendatang.

Iswadi. Spd ketua Panwaslu Kabupaten Banyuasin dalam kata sambutanya menjelaskan bahwa Dakkumdu bertugas menegakkan aturan- aturan yang akan di langar oleh peserta pemilu, baik oleh para Balon Bupati, Gubernur maupun tim sukses, mengatasi permasalahan pelangaran pemilu yang akan di bahas bersama oleh Kejari, Polres dan Panwaslu  dalam satu wadah (Gakkumdu).

" kita ini satu isi satu nadi dan satu tujuan yaitu bagai mana caranya agar pilkada 2018 berjalan dengan sukses, jujur, aman dan damai" terangnya Kamis (4/1).

 Lanjut Iswadi Untuk menjaga kenetralan Gakkumdu, kantornya akan di tempatkan  di Jalan Reoseli Kelurahan Pangkalan Balai  kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin.

" setiap laporan maupun pengaduan yang akan kami terima, kita akan duduk bersama, diskusi bersama sehingga membuat hasil kesepakatan bersama, dan menetapkan keputusan bersama tanpa ada pengaruh pihak manapun" tegasnya.

Senadan dikatakan oleh Kasad Intelcam Polres Banyuasin AKP Mulyono.SH membenarkan dibentunkya gakkumdu pilkada dapat berjalan dengan kondusif dan damai.

" kita belajar dari pengalaman, kita semua tahu pilkada maupun pileg  tidak luput dari pelanggaran yang membutuhkan senergi dan kesolitan untuk mengatasi proses pelanggaran, pasti banyak pengaduan yang berbeda dan semua mau cepat, muda-mudahan dengan adanya ini  kita bisa menciptakan siatuasi yang kondusip , terutama posisi kita harus tetap netral semua," tegasnya 

Sambung Akp Mulyono. SH. Adapun untuk anggota Gakkumdu terdiri dari Enam Orang dari Polres yakni penyidik, Tiga orang dari Kejaksaan dan dan Enam orang dari Panwaslu Banyuasin. " kami himbau agar setiap pengaduan atau laporan yang akan di sampaikan benar-benar akurat, sehingga kami muda untuk melakukan proses penyelesaian sehingga kita dapat menang menanggani semua laporan maupun pelanggaran yang akan terjadi" imbuhnya .

Sementara itu Kajari Banyuasin Lakamis SH.MH menerangkan Dakkumdu ini membutuhkan penanganan yang cepat, sehingga semua persoalan dapat segera diatasi. " muda-mudahan saja, kalau bisa jangan ada perkara biar tidak memakan waktu yang panjang, itulah harapan kita adanya Dakkumdu" pungkasnya (MBBNYKMPR)


EmoticonEmoticon