04/01/18

Penggunaan Secara Ilegal 5.990 KTP dan Tandatangan Warga Banyuasin

Banyuasin, Kabarbanyuasin - Sebanyak 5.990 Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik warga Kabupaten Banyuasin diduga digunakan dan dimanfaatkan secara ilegal untuk mendukung pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin 2018-2023 jalur perseorangan Buya Husni Thamrin dan H Supartijo.


Tidak hanya KTP, tanda tangan warga juga dipalsukan untuk melegalkan dukungan tersebut. Dengan kondisi ini wajar saja kalau banyak warga yang protes, karena merasa tidak pernah memberikan dukungan. 

Lantas KTP ini didapat dari mana, apakah dari Disdukcapil, tempat pembuatan SIM, Petugas PKH, Leasing,Bank atau dari mana. begitu juga tandatangan yang dipalsukan siapa pelakunya?. Tentu ini menjadi tugas KPU,Panwaslu,Polres Banyuasin dan Kejaksaan yang nantinya akan bergabung dalam sebuah wadah yang disebut Gakkumdu.

Korban sudah melapor ke Panwaslu Banyuasin, dengan disertai bukti KTP dan tandatangan palsu, saksi hingga formulir model BA 5 KWK Perseorangan sudah diserahkan. Unsur pidananya sangat kuat, Kita tunggu saja actionnya, mengingat Gakkumdu baru akan dibentuk.

"Ada 5.990 dukungan tidak memenuhi persyaratan, mereka keberatan dan merasa tidak pernah mendukung, mereka sudah mengisi formulir model BA 5 KWK perseorangan,"kata Komisioner KPU Banyuasin Salinan S.sos Msi kepada detiksumsel.com.

Dengan demikian, syarat dukungan paslon ini tidak memenuhi persyaratan minimal dukungan 43.964 sebagaimana ketentuan Undang-Undang.  

"Dari hasil verifikasi faktual yang ditetapkan dalam rapat pleno KPU Banyuasin, dari Jumlah dukungan 46.749 yang diverifikasi faktual, yang memenuhi persyaratan hanya 40.752 dukungan selebihnya 5.990 dukungan tidak memenuhi persyaratan,"jelasnya.

Terkait persoalan dugaan pemalsuan dukungan KTP dan tandatangan yang dilaporlan warga lanjut Salinan, akan di proses sesuai mekanisme aturan yang berlaku.

"Apakah pelanggaran administrasi, kode etik atau pidana, tentu akan dikaji secara teliti. Kalau dugaan pemalsuan KTP dan tandatangan dukungan nanti akan di kaji dalam Gakkumdu, karena ini arahnya pidana,"tandasnya.

Secara rinci, dukungan yang tidak memenuhi syarat, Kecamatan Talang Kelapa 3.314, Banyuasin I 120, Banyuasin II 1.801, Banyuasin III 499, Pulau Rimau 144, Rambutan 476, Betung 384, Muara Padang 111, Rantau Bayur 326, Tungkal Ilir 75, Muara Telang 254, Muara Sugihan 211, Air Saleh 411, Suak Tapeh 54, Sembawa 120, Sumber Marga Telang 82, dan Air Kumbang 464. (Malion/DtS)


EmoticonEmoticon