03/12/17

Aksi "Main Mata" Antara Timses Dan Oknum PPK Mencederai Pilkada Banyuasin



Banyuasin, KB - Pengamat Politik Sumatera Selatan Ade Indra Chaniago sangat terkejut mendengar dan membaca berita soal adanya dugaan Salah Satu Tim Sukses (Timses) yang melakukan pelanggaran Kode Etik dengan berupaya mengkondisikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPUD Banyuasin pada tanggal 25 November 2017 di Hotel Sahid Imara Simpang Sekip Palembang.

Menurut mantan Aktivis 98 ini KPU dan Panwaslu tidak boleh tinggal diam, keduanya harus cepat dan tanggap menyelesaikan persoalan tersebut, karena apa bila dibiarkan sama saja menyulut Konflik. 

"Seandainya memang benar dari sana (balonbub yang diduga - red) sungguh sangat disayangkan, hanya karena ulah dan ambisi timses sudah mencoreng nama baik orang yang dianggap baik selama ini, KPU dan Panwaslu harus secepatnya selesaikan persoalan ini sebelum menimbulkan konflik di tengah masyarakat maupun di tengah paslon lain" ungkapnya kepada wartawan (3/12).

Lanjut Dosen Ilmu Politik STISIPOL Candradimuka ini, KPU dan Panwaslu juga perlu berkerja sama dengan pihak yang berwajib untuk mengungkap isu yang berkembang, demokrasi tidak akan berjalan jika diawali dengan sebuah kecurangan. 

"KPU dan Panwaslu harus mengadakan Evaluasi karena isu yang ada bisa berdampak konflik, jika tidak diungkap kebenarannya tidak menutup kemungkinan timses lain akan melakukan perbuatan yang sama karena dari awal KPU dan Panwaslu sudah membiarkan kecurangan itu terjadi" imbuhnya.

Ditanya apakah harus di diskualifikasi balonbup yang melakukan pelanggaran, Aktivis 98 ini percaya bahwa KPU dan Panwaslu lebih memahami aturan. 

"Aparat hukum, KPU dan Panwaslu lebih memahami aturan-aturan yang berlaku, jika faktanya sudah demikian kenapa tidak, meski itupun sulit dilakukan namun demi Pilkada yang bersih, jujur dan adil aturan itu mesti ditegakkan akan tetapi Politik itu Jalan Paling Cepat ke Surga, sekaligus Neraka, Paling dekat Penjara. Kalo dak pecayo silahkan cubo " pungkasnya sembari tersenyum. (iz)


EmoticonEmoticon