16/11/17

Lima Daerah Pelajari Pilkades e-Voting Banyuasin



Banyuasin,kb - Setelah sukses menggelar 161 Pilkades serentak dengan menggunakan e-voting pada tahun 2015, Kabupaten Banyuasin tahun 2017 ini kembali menggelar pilkades dengan sistem e voting yang tentunya jauh lebih baik dari sebelumnya baik dari persiapan, pelaksanaan, hingga hasilnya nanti.

Pelaksanaan Pilkades Banyuasin ini, selain mendapat perhatian dari Kementerian Kominfo yang mengutus Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang IT Herry Abdul Aziz untuk menyaksikan secara langsung, juga menjadi acuan studi banding sejumlah daerah yang akan menggelar Pilkades.


Setidaknya ada lima daerah yang mengutus pejabatnya untuk hadir, yakni Kadis Kominfo Provinsi Jatim yang juga Ketua Asosiasi Diskominfo Edi Susanto,Kadis Kominfo OKI, OKU Selatan dan Muara Enim. Serta pejabat Pemkab Rokan Hulu Provinsi Riau Asisten I, Kadis PMD dan Kadis Kominfo. "Pilkades e voting yang dilaksanakan Banyuasin ini terbanyak diseluruh Indonesia, Banyuasin memang luar biasa sekali,"kata Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang IT Herry Abdul Aziz.


Dijelaskan Herry dengan e voting,mempercepat proses sehingga hasilnya langsung bisa di ketahui oleh masyarakat. "Dengan e voting juga bisa menekan kesalahan dan kecurangan, sehingga hasilnya sangat akuntabel,"katanya.Apakah sistem e voting ini bisa dilaksanakan dalam Pilkada atau Pilpres, Herry secara tegas menyatakan bisa. "Secara teknologi memungkinkan untuk pilkada. Bahkan dengan E voting lebih efisien dan lebih cepat,"tegasnya.


Bupati Banyuasin SA Supriono menegaskan bahwa Pilkades e voting ini merupakan langka stretegis Pemkab Banyuasin dalam memanfaatkan teknologi informasi."Dengan sistem e voting ini, proses Pilkades jauh lebih baik, efisien dan yang terpenting meminimalisir kecurangan karena hasilnya langsung bisa di ketahui,"katanya.


Sementara itu, Ketua DPRD Banyuasin H Agus Salam sangat mendukung pilkades e voting, karena menurut dia sistemnya jauh lebih baik dari cara manual.Namun terang Agus Salam, sosialisasi terkait e voting ini kiranya terus dilakukan kepada masyarakat agar mereka lebih paham mengingat cara ini masih cukup baru. (det/ay)


EmoticonEmoticon