16/08/17

Kapolres Banyuasin Perintahkan Tangkap Penyebar Info Hoax



Banyuasin,KB - Kapolres Banyuasin AKBP Andri Sudarmadi mengatakan tidak ada pesawat yang jatuh seperti yang telah heboh di sosial media dan masyarakat.Pihaknya sudah berkoordinasi dan mencecek kelapangan tidak ditemukan pesawat yang jatuh, Selasa (15/8/2017)." Tidak benar info ini, saya sudah cek ke lapangan, tidak ada sama sekali pesawat yang jatuh seperti yang dihebohkan masyarakat," ujarnya.
Dia menyayangkan adanya isu hoak seperti ini yang disebarkan orang tidak bertanggung jawab. Akibat isu ini membuat warga banyak yang bertanya dan mencari kebenarannya." Penyebar isu hoak ini bahaya ini, buat isu gak bener, coba cari tau siapa yang sebar isu ini nanti kita tangkap, buat resah warga saja," tegas Kapolres
Beredarnya informasi adanya pesawat penumpang yang jatuh di Pulau Rajak, Kabupaten Banyuasin pada Selasa (15/8/2017) sore dibantah General Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Iskandar Hamid.Saat diminta konfirmasi, Iskandar Hamid mengatakan tidak ada pesawat yang jatuh di daerah tersebut.
"Sampai malam ini, tidak ada terdeteksi oleh petugas ATC (Air Traffic Control; Menara Pengawas Udara) bahwa ada pesawat yang jatuh," tegasnya.Hamid mengungkapkan, kemungkinan warga melihat pesawat Garuda Boeing 737 dwngan nomor penerbangan 212 yang terbang rendah.
"Tadi sore memang ada pesawat yang terbang rendah karena tidak bisa mendarat dikarenakan landasan tidak terlihat, berkabut. Kejadian itu sekitar pukul 17.56. Lalu pesawat naik lagi ke atas dan melakukan pendaratan kedua dan suksea yakni pada pukul 18.24," jelasnya.
Pesawat Garuda tersebut mendarat dari landasan 11.
"Memang kan dekat Banyuasin sana (Landasan 11:red) dan kalau mau mendarat kan suara pesawatnya besar dan memang terbang rendah. Saat mendarat kedua kalinya tetap di landasan yang sama, diulangi lagi sesuai dengan instrument approach (instrumen pendaratan terdekat:red). Tapi sampai sekarang tidak ada laporan bahwa ada pesawat yang jatuh," ungkapnya.
Warganet heboh adanya informasi pesawat jatuh di kawasan Pulau Rajak dan Desa Philip 3 Musi Banyuasin
Pesawat

Kabar ini diposting oleh akun Heru Rahmatullah sekitar dua jam lalu.Pihak Angkasa Pura II hingga saat iini belum mau memastikan kebenaran info tersebut dan masih mencari info tersebut. 
Warganet juga terus mempertanyakan kabar tersebut
Seperti dipercakapan berikut ini
Pesawat2

Deni Wismar Pesawat ape ru
Heru Rahmatullah Lom tau pasti masi d cri pesawat ape, yg pasti ade pesawat jatuh yong
Deni Wismar Sape yang tekelek nia die tumabnHeru Rahmatullah Bnyak wang d masjid umak mang maas
Heru Rahmatullah Segalek wang plip hmper tetelak galek
Deni Wismar La betemu lom oi dmn posisi ...agek meteor yg jatuh tu.(Srip/Ay)


EmoticonEmoticon