20/05/17

Askolani Hadiri Langsung Reses Jufrianto di Merah Mata Banyuasin

Banyuasin, Kabarbanyuasin.com - Kabar berikut datang dari Jufrianto, Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Daerah Pemilihan 2 Kecamatan Rambutan, Banyuasin I dan Air Kumbang, Kamis (19/5/2017) malam melakukan kegiatan reses di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I.


Reses ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Banyuasin H Askolani SH MH, Ketua Komisi II Arisa Lahari SH dan Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyuasin Ir Yos Karimudin, keduanya juga bertindak sebagai narasumber dalam reses tersebut.

Reses ini juga dihadiri, Kades Merah Mata H Ruslan, Kades Pulau Borang Rojiman, P3n M Taufik dan Mursalin, 30 ketua Rt, tokoh agama,tokoh masyarakat,pimpinan ponpes dan ada juga pembina Persatuan Pemuda peduli bangsa Merah Mata Sutrisno.

Juprianto dalam sambutanya mengatakan bahwa saat ini seluruh anggota DPRD Banyuasin tengah turun ke dapil masing-masing guna menyerap aspirasi,usul dan saran dari masyarakat. "Seminggu ini kita libur ngantor untuk reses. Turun ke desa-desa untuk menyerap aspirasi, usul dan saran dari masyarakat," katanya.

"Sengaja saya pilih Desa Merah Mata karena untuk memenuhi janji saya dan keinginan masyarakat agar reses di laksanakan di Merah Mata," katanya.

Dijelaskan Juprianto, aspirasi yang disampaikan dalam reses ini akan disampaikan dalam paripurna DPRD Banyuasin dan nantinya akan diserahkan kepada Bupati Banyuasin untuk dijadikan program pembangunan Pemkab Banyuasin. 

"Artinya aspirasi dan usul saran dari masyarakat ini akan masuk dalam dokumen negara," jelasnya.

Dari reses ini, banyak sekali usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat mulai dari Pembangunan jalan poros Merah mata yang saat ini kondisinya rusak, pembangunan jalan penghubung antara Merah Mata dengan Pulau Borang, pembangunan sarana olah raga, pembangunan kolam ikan untuk desa, persoalan P3N hingga persoalan pendidikan dan kesehatan.

"Kami minta ada jembatan pak yang menghubungkan antara Pulau Borang dengan Merah Mata, karena selama ini pakai ketek untuk menyemberang,"kata Kades Pulau Borang Rojiman.

Kades Merah Mata Ruslan minta jalan poros merah mata menuju kota Palembang dilakukan perbaikan. Karena cukup mengganggu aktifitas masyarakat. "Kalau melintas terasa kenah gelombang pak," katanya.

Ruslan juga minta bantuan pemimjaman alat berat untuk pembangunan kolam dan tanggung untuk kepentingan masyarakat. 

"Kami minta bantu alat berat milik Pemkab Banyuasin bisa kami pakai, soal biaya operasional kami sendiri karena ada dana desa," tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Banyuasin H Askolani Jasi mengatakan kehadiranya dalam rangka mendampingi dan sekaligus untuk memantau anggota Fraksi PDIP dalam melaksanakan reses di berbagai dapil. 

"Selain ingin memenuhi permintaan masyarakat Merah mata untuk bersilaturahmi namun juga untuk memantau anggota fraksi kami dalam melakukan reses," terangnya.

Terkait pembangunan jalan, H Askolani menjelaskan bahwa Pemkab Banyuasin bersama DPRD Banyuasin terus bekerja keras untuk mencarikan dana tambahan baik DAK dan DAU dari Pemerintah Pusat. 

"APBD kita tidak bisa memenuhi semuanya, karena kondisi jalan di Banyuasin hampir 70 persen rusak. Maka dari itu, kami DPRD dan Pak Supriono selaku Plt Bupati terus melobi pemerintah pusat untuk minta tambahan dana," katanya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyuasin Ir Yos Karimudin dalam reses ini menjelaskan terkait pembinaan pemerintah desa dan terkait pelaksanaan dana desa. Dia minta dalam pelaksanaan dana desa tidak semuanya untuk pembangunan fisik tetapi juga harus ada untuk pemberdayaan masyarakat. 

"Pemberdayaan masyarakat ini tujuannya untuk memberikan pembekalan dan pemahaman sehingga diharapkan nanti  akan tumbuh semangat untuk membangun desa dan ada rasa tanggungjawab terkait pembangunan desa itu sendiri," katanya.

Pemberdayaan ini sangat penting, maka harus dilaksanakan oleh Kades. "Di Jepang biaya pemberdayaan itu 70 : 30, ini menunjukan betapa pentingnya pemberdayaan tersebut,"tutupnya. (red/XYZ)


EmoticonEmoticon