05/04/17

UNBK SMK Nurul Hidayah Hingga Pukul 9 Malam


Muara Padang, kabarbanyuasin.com - Siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berada di daerah perairan Muara Padang, tepatnya di SMK Nurul Hidayah Banyuasin harus rela pulang malam untuk menyelesaikan ujiannya.
Pasalnya sejak pagi, jaringan komputer mengalami gangguan dan baru membaik pada saat sore hari sekitar pukul 17.15.
Karena mundurnya jadwal pelaksanaan UNBK ini, siswa peserta UNBK di sekolah ini harus rela pulang pukul 21.00.
Waktu ujian pun juga terpaksa dipercepat karena jarak rumah siswa ke sekolah ada yang mencapai empat kilo meter.
Kepala SMK Nurul Hidaya Banyuasin, Umar Rifai, Selasa (4/4/2017) mengatakan, berkaca dari dua kali simulasi yang dilakukan semuanya berjalan lancar, tapi pada saat hari H ada kendala jaringan ini, padahal pihaknya sudah menggunakan salah satu operator terbesar yang ada di Indonesia.
"Semua persiapan UNBK ini sudah kami persiapan, namun pada saat siswa sudah menduduki tempat masing-masing, selesai berdoa, dan akan memasukkan token untuk membuka soal, jaringannya jadi offline, soalnya tidak terbuka, dan ini membutuhkan waktu sampai 10 jam agar bisa tersambung kembali," ujarnya.
Umar mengatakan, karena karena keadaan ini, sempat terjadi kepanikan di kalangan siswa.
"Kepanikan ini tetjadi karena siswa takut tidak bisa mengikuti UNBK dan juga takut karena pulang malam. Jadi kami meyakinkan siswa semuanya akan baik-baik saja dan bisa diatasi," ujarnya.
Tak hanya siswa yang diberikan pemahaman, orangtua mereka juga dihubungi secara langsung.
Terutama untuk memberitahukan jika anaknya menjalani ujian sampai malam hari dengan kondisi tetap nyaman sehingga tidak ikut khawatir.
Umar mengatakan permasalahan seperti ini baru pertama kali dialami karena ini merupakan kali pertama mereka melaksanakan UNBK.
"Ini akan menjadi pelajaran buat kami ke depannya karrna memang ini UNBK kani yang pertama. Untuk mengatasi masalah ini kami mencoba beragam cara, mulai dari menghubungi provider hingga memasang panci untuk penguat akses internet tapi tetap tidak berhasil. Setelah tim UNBK kabupaten kota bersama tim UNBK provinsi melaporkan ke pusat, barulah solusi diberikan. Alternatifnya penyelengaraan menggunakan token offline, sehingga proses ujian bisa dilakukan," ujarnya.
Umar mengatakan, pada hari kedua pelaksanaan UNBK berjalan seperti biasa, meakipun sempat mengalami keterlambatan selama 15 menit.
"Alahmadulliah hari ini berjalan lancar dan mudah-mudahan akan lancar sampai hari terakhir," ujarya.
Sumber : Sripo


EmoticonEmoticon